Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Ini Dia Makanan Khas Bengkulu, Ada Menu Favorit Soekarno Juga Loh

Penulis : Cindy

Pendap. Foto, Dok BN

Hallo viewers apa kabar? Wah happy weekend ya. Hari ini mimin happy banget loh viewers haha kenapa gak, karna diweekend ini mimin banyak banget makan haha. Nah ngomong-ngomong soal makanan viewers pastinya tau dong apa aja makanan khas Bengkulu, tapi bagi Viewers yang diluar kota Bengkulu pastilah belum tau ya. Karna dari itu mimin mau share apa aja si makanan khas Bengkulu ini dia..

1. Pendap

Apa si pendap? Pendap adalah makanan yang berbungkus daun talas atau daun pisang yang isi didalamnya ialah ikan yang diolah dengan bumbu khusus bersama dengan kelapa parut dan dimasak selama delapan jam loh viewers. Pedap juga sering dibilang Pais loh viewers tergantung dari ikan apa yang dipakai. Memiliki cita rasa yang pedas dan gurih makanan satu ini menjadi favorit warga setempat, tentunya Viewers yang berada diluar Bengkulu harus mencoba masakan satu ini ya.

2. Bagar Hiu

Bagar Hiu adalah salah satu makanan yang sama bumbunya sama dengan rendang bedanya Bagar Hiu tidak memakai santan dalam pengelolaannya, Bagar Hiu menggunakan Kelapa yang disangrai sebagai pengganti santan. Tentu menu utama yang harus tersedia adalah daging Hiu ya Viewers, saat ini menu Bagar Hiu terhitung langkah ya Viewers dikarnakan sulitnya menemukan daging Hiu. Oh ya taukah Viewers? Bahwa menu Bagar Hiu adalah salah satu menu favorit Ir.Soekarno saat diasingkan di Bengkulu loh Viewers.

3. Lamang Tapai
Apa si Lamang Tapai? Lamang merupakan beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda, bahan yang digunakan dalam membuat Lamang adalah beras ketan putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Bambu muda yang sudah terisi dibakar dengan bara api dan dijaga agar jangan sampai ruas bambu terbakar. Sedangkan Tapai adalah tape beras ketan hitam yang dibuat dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi. Tapai inilah teman saat memakan Lamang, kedua hal ini tidak bisa dipsahkan ya Viewers karna sangat bergantung satu sama lain dan rasanya akan berbeda jika kedua makanan ini tidak dipadukan. Viewers dapat menemukan Lamang Tapai disepanjang jalan Tapak Jedah dan jalan menuju kolam renang Hamtian.

4. Gulai Kemba’ang

Wahh yang satu ini nikin ngiler ya Viewers, terbuat dari iga sapi dengan campuran bumbu tradisional pilihan sehingga menghasilkan rasa yang mantap. Menu ini menggunakan santan sebagai kuahnya dan sari kunyit untuk warna kuning pada kuah membuat siapapun ingin melahapnya ya Viewers ditemani dengan nasi panas wah sudah pasti menambah kenikmaatan.

WAH karna ngebhas soal makanan mimin jadi laper lagi ni Viewers, inilah beberapa makanan khas Bengkulu. Masih banyak lagi ya Viewers tentunya jangan samapai ketinggalan hal-hal yang Viewers ingin ketahui di Bengkulu. Selalu baca Bengkulunews.co.id karna disini kita dapat menemukan beragam hal yang tentunya dikemas dengan menarik dan tidak membuat para membaca bosan, mimin pamit undur diri ya Viewers happy satnite .

Baca Juga
Tinggalkan komen