Logo

Ikan Mikih Langka, Pemkab Mukomuko Bangun Sarpras Konservasi

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan segera membangun sarana dan prasarana (Sarpras) Konservasi Ikan Mikih dengan tujuan supaya ikan Mikih tetap terjaga kelestariannya dan tidak punah.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Edy Aprianto, sarana dan prasarana ini dibangun dengan tujuan mengingat ikan tersebut yang hidup beberapa aliran air sungai di Mukomuko ini sudah mulai langka, maka dari itu Sarpras tersebut wajib dibangun.

“Kita harus membangun Sarpras Konservasi Ikan Mikih kalau tidak ikan tersebut akan punah dikarenakan ikan itu memiliki rasa yang cukup gurih,”Kata Edy Rabu (13/03).

Dilanjutkan oleh Edy, untuk sekarang ini sebelum sarana dan prasarana (Sarpras) Ikan Mikih tersebut dibangun, pihaknya akan memberitahukan terhadap seluruh lapisan masyarakat yang memburu ikan tersebut dengan cara melakukan sosialisasi.

Setelah itu, pihaknya akan melakukan pembentukan kelompok-kelompok dengan tujuan untuk mengembangkan dan membudidayakan ikan yang tersebut agar tidak punah.

“Dalam waktu dekat sebelum Sarpras Ikan Mikih tersebut dibangun, kami akan himbauan seluruh masyarakat tidak memburu ikan tersebut dengan cara sosialisasi. Setelah itu kami akan bentuk kelompok dengan tujuan untuk membudidayakan ikan tersebut,” paparnya.