Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Fakultas Pertanian UNIB Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pilot Drone Pertama di Bengkulu

Pelatihan dan Sertifikasi Pilot Drone Pertama di Bengkulu

BENGKULU – Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berkerjasama dengan NUSADRONE sukses menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Remote Pilot APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia) pertama di Provinsi Bengkulu.

Total sebanyak 34 peserta yg merupakan pilot drone profesional yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu telah tersertifikasi sebagai Remote Pilot APDI.

Rangkaian kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Remote Pilot APDI dimulai dengan kegiatan Pelatihan Daring tentang 12 Aeronautical Knowledge selama 3 hari dari tanggal 29-31 Agustus 2022.

Pemateri berasal dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Direktorat Navigasi Penerbangan/DN; Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara/DKKPU; Airnav Indonesia/Perum LPPNPI) dan Instruktur Remote Pilot APDI.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Praktek Lapangan yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 24-25 September 2022 bertempat di Aula Prodi Ilmu Kelautan dan Lapangan Sepak Bola Universitas Bengkulu.

Praktek Lapangan di dampingi langsung oleh Instruktur Remote Pilot APDI, Anton Chandra (NUSADRONE) dan Dr. H. Ismail Fahmi, hari pertama diisi dengan materi pelatihan tentang Prosedur Pra Penerbangan, Pengetahuan Manuver Dasar (Basic), dan Pengetahuan Manuver Tingkat Lanjut (Advance).

Kemudian hari kedua dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Remote Pilot APDI. Uji kompetensi ini terdiri dari Ujian Teori tentang 12 Aeronautical Knowledge dan Uji Kompetensi Remote Pilot Tingkat Basic dan Advance.

Eko Nofridiansyah, S.Pi., M.Sc dosen Prodi Ilmu Kelautan sekaligus Ketua APDI Regional Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Remote Pilot APDI bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Pilot Drone agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi drone yang ada saat ini, Drone telah banyak digunakan dalam berbagai bidang kegiatan seperti Pemetaan Sumberdaya Kelautan, identifikasi kerusakan pantai, mitigasi bencana wilayah pesisir, pemetaan tataguna lahan, pemetaan area terdampak bencana banjir, pemetaan lahan perkebunan dan pertanian serta yang lainnya.

Saat ini Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) merupakan satu-satunya Asosiasi yang diakui oleh Kementerian Perhubungan RI sebagai lembaga yang dapat mensertifikasi Remote Pilot di seluruh Indonesia.

APDI memiliki visi dan misi memajukan dunia drone profesional di Indonesia dan Mensosialisasikan Terbang Aman, Bertanggung Jawab dan Bermartabat.

Video

Home
Baca Juga
Tinggalkan komen