Logo

Dua Balita di Rejang Lebong Idap Gizi Buruk

REJANG LEBONG – Di Kabupaten Rejang Lebong masih ada 2 orang anak yang menderita gizi buruk pada tahun 2018 ini. Kedua penderita gizi buruk itu yakni Wandafa (9 bulan), Desa Blitar Muka Kecamatan Sindang Kelingi dan Afika (5 tahun), Desa Balai Buntar Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Keduanya saat ini tengah di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Curup sejak senin (7/5) kemarin. Keduanya memang berasal dari keluarga kurang mampu, saat ini keduanya telah mendapat penanganan medis serta intervensi gizi oleh petugas gizi.

Pasien anak atas nama Afika berat badannya hanya 11 Kg, anak ini menderita gizi buruk karena ada penyakit penyerta yakni kejang-kejang yang kerap menyebabkan muntah-muntah. Sementara itu, pasien anak atas nama Wanda sendiri menurut dia, berat badannya hanya 5,5 Kilogram (Kg) padahal anak pada usianya seharusnya memiliki berat badan normal 8 hingga 9 Kg, dari pemeriksaan medis anak ini juga memiliki penyakit penyerta berupa infeksi saluran pernapasan.

Orang tua Wandafa, Suherman sangat mengharapkan kesembuhan anaknya. Ia menjelaskan sewaktu lahir, Wandafa yang merupakan anak kedua dari pasangan Suherman dan Hayati tersebut hanya memiliki berat sebesar 2,8 Kilogram saja. Setelah 8 bulan, beratnya hanya 5,5 Kilogram. Oleh karena itu, anaknya akhirnya dirujuk ke RSUD Curup agar mendapatkan penanganan medis.

“Ya saya mengharapkan anak saya bisa sembuh dan bisa seperti anak anak pada normalnya,” katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, H Asli Samin, SKM MKes melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Ridwan SKM menyatakan pihaknya saat ini juga terus melihat perkembangan kedua anak tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya terus memberikan bantuan untuk perbaikan gizi.

“Kami sudah turun langsung kelapangan, kami juga akan terus memberikan bantuan sampai gizi anak tersebut kembali sehat,” pungkasnya.