Bengkulu News #KitoNian

DLHK Siaga dengan Volume Sampah yang Meningkat Tiap Hari Raya

Ilustrasi. Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah yang berserakan di arena festival tabut. Foto. Dok

BENGKULU – Memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijiriah sampai Hari Raya Idul Fitri dapat dipastikan akan menumpuknya sampah konsumsi masyarakat.

Volume sampah akan bertambah selama bulan Ramadhan di Kota Bengkulu diperkirakan mencapai 3-7 ton per hari.

“Kalau dilihat dari tahun ke tahun pada hari raya itu pasti ada penambahan volume sampah, kalo kita hitung 5-6 kubik 1 mobil dump truk dengan berat 2-3 ton yang dibawa ke TPA”. Ujar Kepala Bidang Pengolahan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Bengkulu Rusman saat dihubungi bengkulunews.co.id, Minggu (24/03/2024).

Rusman menambahkan, pihaknya saat memasuki hari raya selalu bekerja keras untuk mengurus masalah sampah dan pasti untuk membuat lingkungan selalu bersih dari sampah.

Dibeberapa titik penumpukan sampah DLHK Kota Bengkulu tetap menyediakan 1 unit kontainer sampah yang mana setiap harinya selalu diangkut langsung menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Air Sebakul.

Akan tetapi untuk sampah rumah masyarakat sekarang ini dikelolah oleh pihak kelurahan lewat lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM).

“Ada beberapa titik seperti pasar dan terminal kita akan letakkan kontainer sampah. Kita tidak mengambil lagi sampah rumah tangga (SRT) dirumah masyarakat kecuali di jalan poros dan di tempat usaha. Karena sudah ada LPM yang mengelola sekarang, tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen