Logo

Disparpora Lebong Optimis PAD Wisata Meningkat

LEBONG – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Lebong optimis pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor wisata alam dapat melebihi penetepan target ditahun 2018.  Ini didasarkan oleh pemasukan PAD sektor pariwisata sudah hampir melebihi 80 % per bulan Maret 2018.

Kepala Disparpora Lebong, Frans L Julia Simanjuntak melalui Sekretarisnya, Neti Herawati mengatakan, dari target 27 juta yang ditetapkan ditahun 2018, ternyata PAD sektor pariwisata per bulan Maret sudah mencapai Rp. 21 juta dari retribusi wisata alam. Wisata tersebut yakni, wisata Air Putih, Danau Picung, Danau Tes dan Paliak. Selain itu, pendapatan juga datang dari retribusi sewa perahu Wisata Arung Jeram.

“Kalau dilihat dari perbulan mei ini kita optimis sampai target, bahkan bisa 3 kali lipat untuk tahun ini,” katanya.

Disampaikan Neti, wisata Arung jeram dipungut retribusi penyewaan prahu milik pemerintah daerah berdasarkan Perbup No 111 tahun 2017 tentang pemanfaatan barang milik daerah khusus sewa perahu karet dan kelengkapan.

“Sebenarnya wiasata Arung Jeram blum masuk dalam sektor pendapatan asli daerah, namun kita mengacu dengan peraturan bupati,” demikian Neti.