Logo
Dempo Xler

Disnakertrans: Bengkulu Butuh Banyak Lapangan Kerja

hajb

hajb

Safe’i, S.sos, MM

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu melansir angka pengangguran di Bengkulu mencapai 19.717 jiwa. Data pengangguran itu diinput dari laporan Disnakertrans di kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Pencari Kerja Dinakertrans Provinsi Bengkulu, Safe’i, S.sos, MM, pengangguran tersebut didominasi oleh pengangguran terdidik lulusan SMK dan perguruan tinggi.

“Untuk tamatan SMK, ada sekitar 3.978 orang yang menganggur. Sedangkan untuk lulusan perguruan tinggi ada 3.495 orang. Sedangkan, untuk SMP ada 988 orang dan SD ada 207 orang,” katanya.

Namun, lanjut Safe’i, pihaknya kesulitan mengetahui jumlah pengangguran secara utuh, karena banyak juga pencari kerja yang tidak melapor untuk membuat kartu kuning.

“Kami kesulitan untuk mendata pengangguran, dikarenakan pencari kerja tidak membuat kartu kuning sebagai tanda pencari kerja, jadi kami sulit untuk mendata secara detail,” ujarnya.

Menurutnya, pengangguran yang masih menggunung ini perlu diatasi. Caranya dengan memberikan ruang bagi investor untuk menanamkan modalnya di Bengkulu. Sebab arus investasi, ia nilai akan berbanding lurus dengan penyerapan lapangan pekerjaan.

“Sebagai contoh, kehadiran Indomaret, kalau ada 10 unit saja dan tiap indomaret butuh 15 orang tenaga kerja maka akan terserap 150 lapangan pekerjaan baru di Indomaret,” tandasnya.