Dirjen IKMA Kemenperin RI Kunjungi Kampung Batik Bengkulu

Dirjen IKMA Kemenperin RI Kunjungi Kampung Batik Bengkulu

Dirjen IKMA Kemenperin RI didampingi Kadisperindag Bengkulu, Yenita Saiful dan ibu-ibu pengrajin di Kampung Batik, Betungan, Kota Bengkulu. Foto, BN

BENGKULU – Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, Ir. Reni Yanita M.Si mengunjungi Kampung Batik di Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, Selasa (20/12/2022).

Reni yang ditemani Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful mengamati proses membatik dan memberikan sejumlah arahan di tempat tersebut.

Ia mengatakan, adanya Kampung Batik ini memiliki peran penting meningkatkan keterampilan masayarakat dan mendorong peningkatan ekonomi pelaku UMKM. Ia berharap para pengrajin di tempat ini selalu dilatih agar tetap menjadi sentra penjualan batik di Bengkulu.

“Cara untuk eksis tersebut tentunya butuh pelatihan-pelatihan, juga yang tidak kalah penting itu dari segi pemasarannya,” Jelas Reni pada Bengkulunews.co.id Selasa (20/12/22) sore.

Ia menuturkan jika dari pemasaran sudah banyak peminat maka, dipastikan para pengerajin akan lebih termotivasi dalam meningkatkan kualitas produk kain batik basurek. Selain pemasaran, desain model batik juga penting untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

“Kita akan terus mengontrol dan evaluasi ini, yang tepat pelatihanya seperti apa, kemudian fasilitasnya. Karena memang dengan adanya kelompok atau kampung ini, kita ingin mewujudkan sentra Batik Bengkulu. Pasti kalau itu ada, fasilitasnya untuk bahan baku, juga mesin peralatan akan tersedia,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dirjen IKAM Kementerian Perindustrian RI di Bengkulu.

Yenita berharap, para pengrajin yang ada dapat terus menghasilkan karya dengan mengembangkan desain-desain unik untuk pemasaran yang lebih besar.

“Kita berterimakasih, dengan adanya kunjungan ibu dirjen hari ini. Sebenarnya mereka ini maju juga berkat dukungan Dirjen IKAM ini dan Bimtek didanai dari mereka, jadi kita inginkan ibu-ibu disini lebih berdaya dan bisa mengembangkan desain untuk pemasaran yang lebih cepat,” tutur Yenita.

Setelah mengunjungi Kampung batik, kunjungan Dirjen IKMA dilanjutkan menuju ke toko Oase Gallery yang terletak di Jalan Rafflesia, Kelurahan Nusa Indah, Kecamatan Ratu Agung, Bengkulu.

Kunjungan kedua ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada Reni Yanita, kumpulan karya pengerajin batik yang dijual sebagai oleh-oleh berupa baju, topi, tas dan beragam barang lainnya.

Reni Yanita dan Yenita Syaiful melihat-lihat berbagai koleksi dari Oase Gallery, untuk dijadikan oleh-oleh sebelum nantinya kembali ke tempat masing-masing.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen