Logo

Dipindahkan ke Rutan, Ridwan : Kok Ada Wartawan

Ridwan Mukti saat tiba di Rutan Negara Kelas IIB Malabero Kota Bengkulu, Rabu (27/9/2017). Foto Yuda

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Gubernur Bengkulu non aktif, Ridwan Mukti dipindahkan ke rumah tahanan (rutan) negara kelas IIB Malabero Kota Bengkulu, Rabu (27/9/2017), pagi.

Ridwan Mukti tiba di rutan bersama tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari pihak KPK, dengan dikawal aparat kepolisian bersenjata lengkap.

Setiba di Rutan, Ridwan Mukti langsung digelandang kedalam ruangan kantor untuk melengkapi administrasi. Sesaat sebelum masuk kedalam ruangan, Ridwan Mukti sempat melayangkan kalimat protesnya pada tim JPU.

”Kok ada wartawan sih? Kenapa wartawan bisa masuk?!,” tanya Ridwan Mukti pada JPU.

Tanpa banyak bicara kemudian tim JPU langsung mengarahkan Ridwan, untuk masuk kedalam ruangan.

Ketua Tim JPU Ridwan dan Lily, Khaerudin, menyatakan bahwa kepindahan Ridwan Mukti ke Rutan merupakan permintaan yang bersangkutan dan rekomendasi dari pihak Polda Bengkulu.

”Tentu ada banyak pertimbangan (mengenai kepindahan ini). yang bersangkutan (Ridwan Mukti dan Lily) menyampaikan permohonan (pindah rutan) melalui penasehat hukumnya. Kemudian kami berkoordinasi juga dengan pihak Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu dan Polda Bengkulu. Alasannya, ya demi keamanan yang bersangkutan,” jelas Khaerudin.

Khaerudin menerangkan, Ridwan dan Liy ditempatkan di ruang tahanan terpisah. Lily Martiani Maddari dipindahkan ke Lapas Perempuan Kelas IIB Bentiring, Kota Bengkulu.

”Ya, untuk istrinya (Lily Martiani Maddari) di Lapas Perempuan. Karena disana ada sel khusus perempuan,” sampai Khaerudin.