Bengkulu #KitoNian

Dinas Pangan dan Pertanian Siap Tangani Rabies

KOTA BENGKULU – Kepala Dinas (Kadis) Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Arif Gunadi mengatakan siap menangani kasus rabies yang ada di Kota Bengkulu.

Persiapan tersebut berupa, stok vaksin di Dinas Kesehatan (Dinkes) yang dikhususkan untuk warga yang terkena rabies, baik dari binatang kucing, anjing, dan lain sebagainya yang memiliki tingkat rabies tinggi.

“Vaksinasi anti rabies di Dinkes itu selalu standby untuk masyarakat kota Bengkulu, kalau digigit anjing, kucing, bahkan kalau tidak ada rabiesnya, tetapi kita takut, bisa langsung hubungi Dinkes terdekat,” ujar Arif Gunadi usai pembukaan kegiatan Veterinary Civic Action Program Pasific Partnership 2018 di aula dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Selasa (3/4/2018).

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi bahaya rabies di kalangan masyarakat, Dinas Pangan dan Pertanian akan terus melakukan vaksinasi gratis dan menghampiri tiap kelurahan bahkan komunitas-komunitas pecinta binatang.

“Kita dari Dinas secara berkala terus melakukan vaksinasi gratis, baik di tingkat kelurahan atau komunitas kita datangi, bahkan sewaktu-waktu kalau ada yang meminta vaksinasi, hubungi kita, kita datangi,” imbuhnya.

Ditambahkan Arif, tingkat kesadaran masyarakat kota Bengkulu saat ini, mengenai dampak rabies juga sangat tinggi, hal tersebut karena dari awal 2018 hingga bulan ini, belum ada laporan dari Dinkes terkait korban rabies, dan pada tahun 2017 korban rabies anjing sesuai data Dinas Pangan dan Pertanian hanya berjumlah dua orang.

“Sampai sejauh ini kesadaram masyarakat cukup tinggi, baru-baru ini ada komunitas baru cat lovers yang secara berkala mengadakan pertemuan dengan dokter hewan kita,minimal setiap tahun di vaksinasi hewannya,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen