Logo

Dekan FKIP Unib Kritik Pemerintah Soal Pendidikan di Kota Bengkulu

 KOTA BENGKULU – Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas Bengkulu (UNIB)  Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd, mengkritik kemampuan pemerintah dalam menangani persoalan pendidikan terkhusus di Kota Bengkulu.

Menurut kacamata dirinya, pemerintah tidak berkemampuan untuk memenuhi pendidikan di setiap programnya, sesuai keinginan ataupun harapan masyarakat yang berkelanjutan.

“Pada faktanya pemerintah tidak punya kemampuan untuk membayar biaya pendidikan dalam takaran kualitas yang dikehendaki, jadi ada gep antara biaya real dengan biaya yang dibutuhkan oleh sekolah,” ujar Sudarwan, pada Selasa (16/10).

Lebih lanjut kata Sudarwan, anggaran pendidikan terlalu minim untuk mengejar pendidikan yang berkualitas, hal ini berdampak pada beban masyarakat kecil yang lebih besar.

“Yang jadi persoalan, kalau kita mau mengejar pendidikan yang berkualitas, anggaran yang tersedia terlalu kecil, sehingga beban masyarakat menjadi lebih besar,” bebernya.

Disisi lain, menurut Sudarwan, di zaman yang sudah sangat transparan ini, sedikit saja keluhan kecil masyarakat menjadi semacam bola liar, dan hal itu sangat penting untuk diberitakan.

“Sebetulnya yang mempersoalkan itu adalah kelompok kecil, tetapi bola liarnya itu yang sangat besar,  tapi karena tidak menjadi subjek berita maka seakan semangat itu tenggelam oleh isu-isu yang di blow up di media massa,” ungkap Sudarwan.