Logo
Dempo Xler

Dana Desa 2016 Terealisasi 97,6 Persen

Ali Sadikin

Ali Sadikin

Ali Sadikin

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dari total Rp 800 milyar lebih Alokasi Dana Desa (ADD) yang diberikan pemerintah pusat ke desa yang ada di Provinsi Bengkulu pada tahun 2016 lalu sudah terealiasi mencapai 97,6 persen. Dana desa tersebut sudah dialokasikan hampir ke semua desa yang ada.

“Alokasi dana desa pada 2016 lalu sudah berhasil dialokaiskan sebesar 97 persen, jadi hanya menyisakan 3 persen lagi,” ungkap Kepala Dinas PMD, Ali Sadikin, di ruang kerjanya, Jumat (7/4/2017).

Diakuinya, tiga persen sisa dana desa yang tidak digunakan pada tahun lalu akan dimasukan kembali ke kas negara, dan bisa digunakan oleh perangkat desa di tahun ini.

“Sisa dana desa yang belum terpakai kita kembalikan ke kas daerah untuk digunakan kembali di tahun ini,” tambahnya.

Namun, lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pemerintah kabupaten di Propinsi Bengkulu telah melaporkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) 100 persen dengan realiasi 97,6 persen. Maka setiap desa di Bengkulu sudah siap menerima dana desa tahun ini.

“Kita hanya tinggal menunggu pencairannya, LPJ dari desa di Provinsi Bengkulu sudah selesai,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, untuk semua pengelola dana desa agar menggunakan dana desa yang ada dengan sebaik-baiknya serta digunakan sesuai dengan kebutuhan desa.

“Dana desa harus digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan desa, kegiatan kemasyarakatan, pemberdayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat dan pembangunan infrastruktur dasar atau untuk kemakmuran masyarakat desa. Jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan pribadi,” demikian Ali.