Bengkulu News #KitoNian

Cerita Fitri Awanis Al Qartisa, Juara Satu Kimia OSN Provinsi Bengkulu 2023

Fitri Awanis Al Qartisa, Juara Kimia OSN 2023

BENGKULU – Fitri Awanis Al Qartisa atau biasa di sapa Fitri, siswi berbakat dari SMAN 1 Bengkulu Utara ini berhasil menyabet juara satu Kimia dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) provinsi Bengkulu 2023.

Fitri mengaku pada mulanya dirinya lebih tertarik mendalami pelajaran Matematika. Hanya saja di berbagai kompetisi matematika yang ia ikuti selalu gagal meraih juara.

“Sebenarnya saya lebih tertarik untuk ikut OSN bidang matematika. Namun, tidak terpilih untuk bidang matematika di sekolah dan disarankan untuk ambil kimia atau informatika. Jadilah saya memilih kimia saja, karena saya juga suka pelajaran kimia,”jelasnya.

Fitri Awanis Al Qartisa, Juara Kimia OSN 2023.

Siswi kelas 12 ini memang sudah menyukai pelajaran kimia sejak ia duduk di bangku 9 SMP, saat pelajaran IPA kala itu, ia mengatakan bahwa sering membahas mengenai atom sejak saat itulah ia tertarik mendalami pelajaran kimia.

Dikatakanya prestasi membanggakan ini merupakan kali kedua bagi dirinya, sebelumnya ia pernah mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun lalu, namun harus terhenti karena gagal di Kabupaten. Belajar dari kegagalan tersebut, ia kembali memberanikan diri untuk mengikuti OSN 2023. Namun siapa sangka berkat kegigihan, usaha dan kerja kerasnya berhasil membawa ia menjadi salah satu perwakilan Provinsi Bengkulu menuju ke nasional.

Fitri Awanis Al Qartisa, Juara Kimia OSN 2023

“Saya tidak pernah menyerah, walaupun tahun lalu sempat gagal di kabupaten dengan semangat yang tinggi saya berhasil menunjukan kemampuan saya,” tambahnya.

Dalam mempersiapkan diri menuju pertandingan, Siswi berbakat ini menuturkan dirinya selalu giat belajar agar mendapat hasil yang optimal.

“Dalam sepekan saya belajar selama tiga hari, baik belajar sendiri melalui buku-buku yang relevan maupun dari internet,” ujarnya.

Namun tak menutup kemungkinan prestasi yang terukir juga banyak mengalami kendala maupun rintangan tersendiri. Namun hal tersebut bukanlah penghalang bagi dirinya, melalui rintangan itu ia terus berusaha mengasah kemampuannya.

“Kendala yang aku hadapi sebenarnya karena selama aku sekolah di sini belum ada yang ke tingkat nasional bidang kimia, jadi sulit untuk memprediksi macam soal yang akan muncul. Jadinya harus mencari dari bermacam sumber online dan offline,” tambahnya.

Fitri Awanis Al Qartisa, Juara Kimia OSN 2023

Fitri saat ini tengah fokus dalam mempersiapkan diri menuju UN mengingat dirinya sudah dusuk di kelas 12. Namun ia juga berharap Bengkulu dapat terus menuai prestasi.

“Harapan saya untuk seterusnya semoga Bengkulu bisa terus menuai prestasi dan meningkat di bidang OSN,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen