Bengkulu News #KitoNian

Kisah Muhammad Fathir, Berhasil Menyabet Juara satu Ekonomi OSN Provinsi 2023

Muhammad Fathir, Juara satu Ekonomi OSN Provinsi 2023

BENGKULU – Muhammad Fathir Aqila Zahtri atau yang kerap di sapa Fathir siswa berbakat dari  SMAN 2 Bengkulu berhasil menyabet juara satu Ekonomi ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA Provinsi Bengkulu.

Berawal dari coba-coba mnegikuti tren saham membuat dirinya tertarik dengan ekonomi dan berhasil mengantarkan mengukir prestasi.

“Fathir sendiri tertarik pelajaran ekonomi dikarenakan pas pandemi Fathir coba-coba main saham, dari sana Fathir mengikutin banyak mengikutin akun finansial dan ekonomi, dan akhirnya mau mendalami bidang ekonomi disekolah meskipun masuk mapel MIPA,”Jelasnya.

                                                                             Muhammad Fathir, Juara satu Ekonomi OSN Provinsi 2023

Sebelumnya siswa berbakat ini pernah mengikuti Oimpiade Sains Nasional pada tahun 2022 namun ia hanya berhasil meraih juara dua ekonomi tingkat provinsi.” Tahun 2022 jga sempat ikut OSN ekonomi juara 2 provinsi,”Tambahnya.

Dalam mempersiapkan diri menuju olimpiade, Fathir mengaku selalu giat belajar secara mandiri maupun di bimbing dari sekolah, ia selalu memaksimalkan dan mengasah kemampuannya agar mendapatkan hasil terbaik selama perlombaan.

“Untuk persiapan, Fathir menambah belajar tentang ekonomi dan mencoba cari kasus ekonomi yang berkaitan di dunia nyata, Selain baca buku pelajaran ekonomi, Fathir juga usahakan baca buku ekonomi yang jadi sumber di buku pelajaran. Ditambah Fathir juga diberikan bimbingan oleh SMA nya Fathir”Ujar Fathir.

Muhammad Fathir, Juara satu Ekonomi OSN Provinsi 2023

Namun prestasi yang berhasil di ukir tak luput dari kendala maupun rintangan yang ia hadapi, ia mengaku kesulitan dalam mencari sumber untuk pelajaran.

“Sulit sekali mencari buku-buku yg menjadi sumber buku pelajaran, mengkoordinasi materi dengan bimbingan, dan mencari sumber pelajaran utk OSN itu sendiri,” Ungkapnya.

Menganalogikan pertanyaan dan kenyataan salah satu strategi yang ia gunakan dalam pertandingan, strategi tersebut berhasil membawa dirinya maju mewakili provinsi Bengkulu ke jenjang nasional.

Saat ini Fathir tengah fokus mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan beasiswa keluar Negeri. “saya sangat ingin kuliah di luar negeri kak, dan saat ini saya sedang fokus mendapatkan beasiswa ke luar Negeri, saya sudah mulai ikut tes dan bimbingan bahasa Inggris, agar memenuhi persyaratan beasiswa,”Ungkapnya.

Tak lupa juga ia berpesan kepada teman-temannya agar selalu berusaha mencoba hal baru dan tidak pantang menyerah.

“Untuk temen2 jangan pesimis, tetap semangat untuk meraih mimpi dan selalu berbuat kebaikan,”Tutupnya.

Muhammad Fathir, Juara satu Ekonomi OSN Provinsi 2023
Baca Juga
Tinggalkan komen