Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Cara Mudah Membuat Paspor Tanpa Harus Antri Panjang

BENGKULU – Seksi Lantaskim Bidang Subseksi Dokumen Perjalanan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, Wahyudi mengatakan saat ini masyrakat dapat membuat paspor dengan tenang tanpa harus mengantri panjang.

Masyrakat dapat menggunakan aplikasi M-Paspor yang telah disediakan oleh  Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, dalam mempermudah pembuatan paspor.

“Sekarang sudah ada aplikasi M-Paspor yang bisa di download, baik menggunakan App Store ataupun Play Store. Pada aplikasi tersebut masyarakat dapat memilih fitur sesuai kebutuhannya, seperti membuat paspor baruu atau pengganti paspor,” kata Wahyudi pada Bengkulunews.co.id Kamis (11/05/23) siang.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, masyarakat dapat mengisi data yang diminta sebagai syarat pembuatan file seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran. Nantinya dokumentasi tersebut dapat diuplod menjadi soft file, selanjutnya masyarakat dapat mendaftarkan diri sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Nanti kalau sudah mendaftar, bisa datang ke kantor sesuai jadwal dengan membawa berkas yang dibutuhkan. Biasanya kalau untuk umroh tambahan data dari Kemenag,” tegasnya.

Selain itu bagi para lansia, anak-anak dibawah umur lima tahun, ibu menyusui, distabilitas dan pengguna yang ingin mengganti paspor karena hilang dapat langsung ke kantor layanan keimigrasian tanpa perlu mendaftar di M-paspor.

Wahyudi juga menuturkan ada fitur terbaru yakni pelayanan cepat, layanan ini dapat menjadikan paspor hanya dalam satu hari saja. Namun masih dalam proses pengembangan, sehingga masyarakat masih harus mendatangi kantor imigrasi.

Ia menghimbau bagi masyarakat yang ingin membuat paspor dapat terlebih dahulu mendaftarkan diri ke M-Paspor, namun jika menemukan kendala bisa langsung ke kantor layanan imigrasi.

“Bagi masyarakat yang masih menemukan kendala saat mendaftar lewat aplikasi, dapat langsung ke kantor agar dapat dibantu oleh petugas,” demikian Wahyudi.

Baca Juga
Tinggalkan komen