Logo

BI Arahkan UMKM Beralih ke Electronic Commerce

BENGKULU – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia secara langsung menyatakan dukungannya merubah sistem Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) yang ada di Bengkulu dari manual menjadi lebih praktis yaitu Electronic Commerce (perdagangan online). Khususnya produk yang telah sah menjadi binaannya.

“Electronic Commerce itu sangat banyak membantu kita, maka dari itu UMKM yang eksistensinya sudah sangat kuat bisa diarahkan ke Electronic Commerce, nah GiwiGewi dan Putri Bengkulu akan kita arahkan untuk bisa melakukan transaksi digital lebih banyak,” ujar Endang Kurnia, pada Selasa (6/10).

Produk-produk lokal yang sudah sangat kuat di pasaran, tentunya bisa mempermudah tehnik sang pemilik usaha untuk berjualan. Endang pun mencontohkan tokopedia sebagai salah satu Electronic Commerce yang bisa dimasuki UMKM Bengkulu.

“Dengan Electronic Commerce, mereka nanti tidak perlu membuka toko, lebih baik buka tutup laptop daripada buka tutup toko,” imbuhnya.

Maka dari itu, memberi bekal sebelum mereka beralih ke sistem penjualan yang lebih praktis wajib dilakukan, seperti pemasaran,packaging , dan manajemen keuangan.

“Giwigewi dan Putri Bengkulu sejak 2016 lalu senantiasa dibina dari sisi teknis misal kita latih manajemen keuangan, bagaimana dia bisa memasarkan produk, packaging diperbaiki, dan pemasaran langsung,” tukas Endang