Logo

Begini Cara Pemuda Benteng Maknai Hari Kemerdekaan

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Semangat Hari Kemerdekaan RI ke 72, dirayakan oleh pemuda Desa Durian Demang kecamatan Karang Tinggi, Bengkulu Tengah, dengan sebuah aksi teatrikal. Aksi ini disebut sebagai bentuk pemaknaan dari pengorbanan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah kolonial.

Dalam aksi tersebut, tampak 7 orang peserta aksi mengelilingi satu buah bendera merah putih. Disamping mereka, terbujur sebuah benda putih dengan kain kafan, seolah jenazah pahlawan yang telah gugur.

“Bentuk kekesalan kami pada kolonial. Bagaimana sulitnya para pejuang dulu merebut kemerdekaan, jadi kemerdekaan yang kita nikmati sekarang, dulunya direbut dengan darah,” ucap salah seorang pemeran teatrikal, Andi, Sabtu (19/8/2017).

Sedangkan menurut pemeran lain, Ayu bahwa teatrikal ini juga menyindir para pemuda yang hidup bermewah-mewahan, tanpa mengerti arti sesungguhnya dari kemerdekaan. Menurutnya, kemerdekaan itu harus tetap dijaga oleh generasi penerus bangsa, khususnya para pemuda.

“Sebab ditangan pemuda, kemerdekaan itu diwariskan oleh para pahlawan kita,” tutupnya.