Logo

Barong Landong, Kesenian Asli Lembak Mirip Ondel-Ondel

Penampilan Larong Bandong di Pekan Olahraga Tradisional

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Siapa yang tidak mengenal Ondel-ondel, kesenian asli Betawi berupa orang-orangan bertubuh tinggi besar serta berpakaian warna-warni. Ternyata kesenian ini tidak hanya ada di Betawi, tapi juga di Bengkulu, namanya Barong Landong.

Seperti yang terlihat pada Pekan Olahraga Tradisional yang digelar di Sport Center Kota Bengkulu, pada Selasa (10/10/2017).

Sekilas tidak ada yang berbeda antara Barong Landong dan Ondel-ondel, namun jika ondel-ondel mengenakan baju ala betawi, kesenian asli lembak ini menggunakan pakaian khas Bengkulu, dengan warna merah dominan.

Menurut Kordinator seni tradisional pormi kota Bengkulu, sekaligus pemilik bengkel seni imau lembak, Sam, kesenian Barong Landong bermula dari tradisi masyarakat lembak saat perayaan panen padi.

“Kalau istilah orang lembak itu orang-orangan atau orang tinggi besar. Awalnya sering diperagakan saat panen padi, sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil panen,” katanya pada bengkulunews.co.id.

Sama seperti Ondel-ondel, untuk membuat Barong Landong bergerak dan menari, salah seorang seniman menggerakkanya dari dalam. Biasanya, Barong Landong muncul berpasangan, ada yang wanita dan ada pula yang pria. Masing-masing menggunakan pakaian merah layaknya seorang pengantin di Kota Bengkulu.

Seiring perkembangan zaman, peragaan kesenian Barong Landong kini tidak hanya dijumpai saat perayaan panen padi, tapi pada perayaan-perayaam tradisional lain.

“Setiap kali ada even, baik itu perayaan-perayaan, pada pembukaan atau acara perkawinan kami sering menampilkan Barong Landong,” sambungnya.

Dengan sering ditampilkannya kesenian Barong Landong di hadapan publik, Sam berharap, kesenian lembak ini dapat meraih simpati nasional dan bersaing dengan peragaan seni dari luar daerah.