Logo

Atasi Diare pada Balita dengan Suplemen Ini

KOTA BENGKULU – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty mengingatkan kepada orang tua, bila sang anak mulai memperlihatkan tanda-tanda penyakit diare, untuk segera dibawa ke puskesmas terdekat.

Sebab saat ini, Dinkes kota melalui puskesmas di Kota, telah menyiapkan suplemen Zinc guna mengatasi penyakit diare pada Balita.

“Di puskesmas saat ini sudah ada obat untuk menuntaskan balita dari penyakit diare, nama obatnya Zinc,” ujar Susilawaty, pada Selasa (15/1).

Lebih jauh kata Susi, anak balita berdasarkan berat badan mendapatkan obat Zinc dan dikonsumsi selama 10 hari, namun untuk pertolongan pertama, disarankan agar sang balita diberikan oralit terlebih dahulu.

“Anak balita mendapatkan Zinc berdasarkan berat badan, kemudian makan obatnya selama 10 hari, jadi tidak akan berulang penyakit diarenya, makanya kalau terlihat tanda-tandanya cepat datangi layanan kami kemudian untuk pertolongan pertama jangan tidak minum oralit,” bebernya.

Jika dirumah tidak tersedia oralit, Susi menyarankan untuk melarutkan gula dan garam, dengan komposisi satu gelas belimbing lebih kurang 200 cc, diberi satu sendok gula dan seujung sendok garam.

“Itu tujuannya menggantikan cairan yang hilang,semakin banyak BAB semakin banyak juga diminum,” tukas Susilawaty.