Logo

20 Miliar Biaya Pilwakot Bengkulu 2018

bengkulunews.co.id – Pemilihan Walikota Bengkulu 2018 bakal menghabiskan anggaran lebih besar daripada anggaran Pilkada 2012. Piwakot nanti diestimasikan bakal menelan anggaran sebesar 20 miliar. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Darlinsyah mengestimasikan nilai tersebut lantaran banyaknya pembiayaan yang harus disediakan pada tahapan pilkada yang diatur pada Peraturan KPU.

Darlinsyah mencontohkan perbedaan pada Pilkada 2018 nanti dengan Pilkada 2012 lalu. Alat peraga pasangan calon pada Pilkada 2018, sesuai PKPU harus disediakan oleh KPU.

“Berbeda dengan pilkada terdahulu, semua alat peraga kampanye disediakan oleh masing-masing calon,” katanya seperti dikutip dari inilah.com pada Selasa (19/4)

Selain alat peraga kampanye, KPU juga harus menggelar debat kandidat sebanyak tiga kali yang disiarkan secara langsung melalui media untuk disimak masyarakat sebagai pemilih.

“Kita juga melibatkan tim audit yang akan mengaudit setiap pasangan calon, tahapan ini tidak ada pada 2012 lalu,” jelasnya.

Untuk diketahui, dengan estimasi biaya pilkada 20 milar, anggaran dengan nilai tersebut lebih besar daripada anggaran yang dialokasikan pada Pilkada 2012 lalu. Setidaknya pada pilkada 2012 menghabiskan anggaran sebesar 12 miliar. (122)