Logo

WhatsApp di Android Bisa Terima Pesan dari Aplikasi Lain, Bagaimana Caranya?

BENGKULU – WhatsApp kembali mengembangkan fitur terbaru yang digandang-gadang dapat menerima bahkan mengirim pesan ke aplikasi lain. Pengembangan fitur ini dapat ditemui pada versi 2.23.19.8 di android, hal tersebut diinformasikan langsung melalui website resmi wa yakni wabetainfo

Pengembangan fitur yang disebut Obrolan pihak Ketiga atau third-party chats tersebut masih belum berfungsi atau diakses pengguna. Adanya fitur ini merupakan salah satu langkah dalam memenuhi regulasi Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa yang telah ditetapkan pada Mei lalu.

DMA sendiri mengharuskan Perusahaan dengan teknologi besar untuk memiliki fitur komunikasi antar-aplikasi, salah satunya adalah WhatsApp.  Fitur ini terlihat di website resmi WA, setelah Komisi Uni Eropa mengkonfirmasi bahwa pihak meta memenuhi define ‘gatekeeper’ di bawah  DMA Uni Eropa.

Sehingga WA dapat berinteraksi dengan aplikasi pesan lain atau pihak ketiga pada maret 2024 mendatang. Nantinya ketika fitur ini sudah dirilis pengguna atau bukan pengguna tetap dapat mengakses WhatsApp melalu aplikasi lain seperti Signal.

Walaupun hal tersebut juga akan berpengaruh pada enkripsi end-to-end ketika menerima pesan dari pengguna yang bukan WhatsApp. Namun WABetainfo menuturkan bahwa mekanisme keamanan semestinya masih tetap berfungsi dalam rencana fitur baru tersebut.

Fitur Obrolan pihak Ketiga atau third-party chats masih dalam proses pengembangan, akan tetapi dari regulasi DMA pengguna bisa memilih opsi opt out apakah ingin menautkan WhatsApp dengan apliaksi lain atau tidak, jika fitur third-party chats  sudah dirilis nantinya.