Berita bengkulu
Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Fitur Baru WhatsApp, Anti-Pembajakan Akun Pengguna

Fitur baru WhatsApp anti-pembajakan atau peretasan kartu SIM dirilis dan diumumkan melalui blog resmi meta.

Pengguna nantinya akan diminta untuk menekan tombol konfirmasi pada perangkat lama yang terpasang WA, jika mereka ingin meng-install atau menggunakan handphone baru dengan akun sama.

Jika sebelumnya pengguna diminta untuk memasukkan terlebih dahulu kode One-Time Password (OTP) dan dikirim via SMS jika ingin login ke WA di handphone baru, maka kali ini cara yang digunakan berbeda.

Kini pengguna dapat mengklik tombol konfirmasi “Allow” untuk mengizinkan WA masuk di perangkat lain atau “Don Not Allow” sebagai penolakan.

Pada jendela konfirmasi yang sama, WA akan menyertakan informasi nompr ponsel (SIM Card) untuk memberitahukan siapa pengguna baru akun WA tersebut. Kemudian menyertakan juga waktu permintaan akun dan nama perangkat baru yang ingin dipasangkan WA.

Adanya cara ini membantu pengguna dalam mengetahui dimana WA akan terpasang pada perangkat lain. Sehingga potensi pembajakan dari rekayasa sosial yang mengandalkan kode OTP via SMS dapat terhindar.

Pengguna juga tidak perlu khawatir mengenai resiko terkuncinya akun, karena pihak WA telah memastikan proteksi akun (Account Protect) hanya akan aktif apabila WA mendeteksi percobaan registrasi akun yangmencurigakan.

Jika pengguna tidak memiliki akses untuk masuk ke WA di perangkat lama, mereka masih diberikan kesempatan satu kali lagi dengan meminta WA mengirim OTP kedua yang bisa diinput saat mereka telah memiliki akses diperangkat lama.

Baca Juga
Tinggalkan komen