Fitur Terbaru WhatsApp 2023, Bisa Kirim Pesan Tanpa Internet

WhatssApp menluncurkan fitur baru yaitu kita dapat berkirim pesan tanpa perlu internet, khususnya di negara yang terkadang memblokir internet. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Berdasarkan pernyataan WhatssApp melalui laman resminya, mereka mengumumkan fitur kirim pesan tanpa internet ini dilakukan dengan menyambungkan para pengguna melalui server proxy. Oleh karena itu para pengguna WhatssApp bisa berkomunikasi tanpa harus terganggu koneksi internet.

“Saat tidak dapat terhubung ke WhatsApp secara langsung, Anda dapat terhubung via aplikasi melalui server proxy yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi khusus yang bertugas untuk membantu pengguna berkomunikasi dengan aman dan bebas,” dikutip dari laman resmi blog.whatsapp.com.

WhatssApp juga menjelaskan bahwasanya pesan kita akan tetap aman dan dilindungi dengan fitur mereka yaitu enkripsi end-to-end, yang artinya seluruh pesan dan panggilan melalui WhatssApp hanya dapat diketahui oleh penggunanya. Bahkan seperti Server Proxy, bahkan Meta.

Cara untuk mengirim pesan tanpa internet adalah sebagai berikut :

1. Mencari Proxy yang akan digunakan

Jika kita memiliki akses internet, kita dapat mencari sumber konkrit yang telah membuat proxy melalui mesin pencari maupun media sosial.

2. Menghubungkan Proxy

Yang pertama untuk perangkat berbasis android :

– Pastikan menggunakan WhatssApp versi terbaru.
– Pada tab Chat, ketuk Opsi lainnya kemudian Setelan.
– Klik Penyimpanan dan data>Proxy (terletak paling bawah).
– Klik gunakan Proxy.
– Klik Setel Proxy dan masukkan alamat Proxy.
– Klik Simpan.
– Tanda centang akan muncul saat koneksi telah berhasil.
– Jika masih belum bisa mengirim atau menerima pesan saat menggunakan proxy, itu artinya proxy tersebut telah diblokir, kita bisa menekan alamat proxy tersebut untuk menghapusnya, dan memasukkan alamat proxy yang baru untuk mencoba lagi.

Selanjutnya yaitu mengatur Proxy untuk perangkat Iphone :

– Pastikan menggunakan WhatssApp versi terbaru.
– Buka setelan WhatssApp
– Klik Penyimpanan dan data>Proxy
– Klik gunakan Proxy
– Klik Setel Proxy dan masukkan alamat Proxy.
– Klik Simpan.
– Tanda centang akan muncul saat koneksi telah berhasil.
– Jika masih belum bisa mengirim atau menerima pesan saat menggunakan proxy, itu artinya proxy tersebut telah diblokir, kitab isa menekan alamat proxy tersebut untuk menghapusnya, dan memasukkan alamat proxy yang baru untuk mencoba lagi.

Baca Juga
Tinggalkan komen