Logo
Dempo Xler

Waspada Penyakit yang Muncul Dimusim Hujan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.Kes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.Kes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.Kes

Bengkulu – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengimbau masyarakat mewaspadai berbagai penyakit yang muncul pada musim penghujan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni.

Dia mengatakan dimusim peghujan biasanya penyakit yang muncul bersumber dari nyamuk.

“Penyakit yang biasa timbul saat musim hujan yaitu Demam Berdarah (DBD), Diare, Malaria, Muntaber dan Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA),” kata Herwan Antoni, Kamis (30/11/2017).

Sebab itu, dia mengajak masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkunganya dari genangan air agar jentik nyamuk tidak berkembang biak.

Masih kata Herwan, menghadapi musim pancaroba pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa langkah dan bantuan untuk dibagikan ke masyarakat.

Dinkes Provinsi, kata Herwan, sudah melayangkan surat imbauan di setiap Dinkes kabupaten/kota secara berjenjang. Agar menyiapkan tenaga kesehatan yang selalu siap siaga dalam menghadapi perubahan musim ini.

“Jajaran Kesehatan harus bersiap-siap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi disebabkan fenomena alam cuaca yang sangat buruk ini, serta munculnya penyakit-penyakit karena perubahan cuaca,” ujarnya.

Disamping itu, pihaknya juga telah menyiapkan bubuk Abate sebanyak 500 kg, 3.000 kelambu untuk ibu hamil, serta 50 unit alat fogging.