Warga Desa Srikaton Deklarasi Stop Buang Air Sembarangan

Bupati Bengkulu Tengah bersama warga Desa Srikaton saat Deklarasi SBS

BENGKULU TENGAH – Ratusan warga Desa Srikaton Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, menggelar Deklarasi Stop Buang Air  Besar Sembarangan (SBS), di lapangan Sepak bola Srikaton, Selasa ( 20 /03/2018 ) sekira pukul 10.05 wib.

Deklarasi yang langsung dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah ini bertujuan untuk menghentikan kebiasaan warga yang kerap BAB di sembarang tempat.

Kepala Desa Srikaton Sarjoni mengatakan, kebiasaan buruk warga ini sebelumnya didasari oleh ketersediaan WC di rumah. Sebelum deklarasi, lanjut, Sarjoni, warga Srikaton umumnya tidak memiliki WC sehingga harus BAB di sembarang tempat.

“Dari jumlah 350 lebih Kepala Keluarga yang ada di Desa Srikaton kini sudah memiliki WC semua tidak ada lagi Buang air besar semabarang lagi,” ungkap Sarjoni usai Deklarasi SBS.

Setelah deklarasi ini, Desa Srikaton akan menerapkan sanksi bagi warga yang tetap BAB sembarangan.

“Jika masih ditentukan warga buang air besar sembarangan maka warga akan dikenakan sangsi tegas dan kapan perlu diberikan sanksi sosial biar masyarakat itu sendiri malu dengan apa yang diakukannya tersebut,” jelasnya.

Untuk menjaga hal tersebut, pemerintah desa bersama warga setempat sepakat untuk menggelar kegiatan bersih lingkungan setiap tahun.

“Biar sehat agar apa yang di lakukan desa dapat bermanfaat bagi warga desa Serikaton itu sendiri sehingga Desa ini menjadi desa percontohan di tingkat provinsi maupun nasional,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen