Logo

Tanggap Darurat Bencana, Ini Langkah Pemerintah Bengkulu

Ilustrasi Longsor

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu membentuk tim tanggap darurat bencana. Pembentukan melibatkan tiga instansi, yang tergabung dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tiga OPD itu, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Bengkulu, Taufik Adun mengatakan, tiga OPD tersebut sudah turun ke 10 kabupaten dan kota di Bengkulu.

”Tiga OPD tersebut akan ditempatkan di 10 kabupaten/kota, untuk memantau bencana, dimana mereka akan melakukan gerakan pertama saat terjadi bencana yang sewaktu-waktu bakal terjadi,” kata Taufik, Rabu (10/5/2017).

”Mereka juga standby dan melakukan koordinasi ke pemerintah kabupaten,” sambung Taufik.

Selain tiga OPD, terang Taufik, pemprov Bengkulu juga menstadbykan, Dinas Sosial (Dinsos) yang siap diterjunkan apabila telah terjadi bencana di 10 kabupaten dan kota.

”Jika ada bencana disuatu daerah dan telah ada koordinasi dari tim di lapangan maka Dinsos siap kita terjunkan,” demikian Taufik.