Logo
Dempo Xler

Tanah Longsor Lumpuhkan Jalan Lintas Muara Aman – Curup

Aparat TNI dan masyarakat ikut membantu mengawasi perlintasan jalan akibat longsor

Aparat TNI dan masyarakat ikut membantu mengawasi perlintasan jalan akibat longsor

Aparat TNI dan masyarakat ikut membantu mengawasi perlintasan jalan akibat longsor

LEBONG, bengkulunews.co.id – Jalan lintas penghubung antara Kabupaten Lebong dan Rejang Lebong tepatnya di sawangan Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan Jumat (24/2/2016) pagi lumpuh total tertutup tanah longsor. Akibatnya, pengendara baik roda dua maupun roda empat yang hendak melintasi jalan tersebut terpaksa harus mengantri hampir 5 jam hingga material longsor berhasil disingkirkan.

Kapolres Lebong AKBP Zainul Arifin, SE, MH melalui Pelaksana harian (Plh) Kapolsek Lebong Selatan Ipda HP Tampubolon, S.T.K membenarkan peristiwa tersebut. Longsornya tebing setinggi 3 meter tersebut diduga karena sudah tidak bisa menampung debit air akibat curah hujan yang mengguyur Kabupaten Lebong beberapa hari belakang.

“Perkiraannya sekitar subuh tadi longsor. Lalu lintas sempat lumpuh total hampir 5 jam karena badan jalan tertutup material kurang lebih 1,5 M,” kata Tampubolon.

Ditambahkan Kapolsek, dilihat dari kontur tanah tebing dan curah hujan yang tinggi dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan. Namun untuk sementara, tim gabungan antara TNI, Polisi dan warga sekitar serta 1 alat berat exavator berhasil menyingkirkan material longsor dan lalu lintas sudah kembali normal.

“Jalan sudah kembali bisa dilewati tapi kondisi jalan masih licin karena belum bisa dibersihkan sepenuhnya. Dikhawatirkan, dengan curah hujan yang tinggi belakangan ini akan terjadi longsor susulan di titik yang sama. Untuk itu, setiap pengendara yang hendak melintas diharapkan selalu waspada,” demikian Tampubolon.