Logo

Humas Serahkan Dokumen Pemkab ke Dinas

Pendataan seluruh arsip Dokumentasi sebelum diserahkan ke Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong

LEBONG, bengkulunews.co.id – Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Lebong, akan menyerahkan arsip dokumentasi kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) selama Kabupaten berdiri ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Rabu (19/4/2017).

Kabag Humas dan Protokoler, Riki Irawan mengatakan dokumen itu terdiri dari ratusan lebih dokumentasi kegiatan Pemkab Lebong. Menurutnya, penyerahan seluruh arsip tersebut merupakan langkah menyelamatkan dan melestarikan arsip daerah.

“Berhubung kita (Pemkab, red) sudah memiliki Gedung Arsip Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Daerah, jadi untuk memanfaatkan fungsinya maka kita serahkan seluruh arsip dokumentasi Pemkab yang ada di bagian Humas mulai dari berdirinya Kabupaten hingga sekarang,” ujar Riki.

Riki berharap, dengan diserahkannya arsip itu ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,  Arsip dapat terjaga sebagai alat statis (Arsip yang mengandung nilai Histori atau sejarah)
terbentuknya Kabupaten Lebong.

“Sebab, peristiwa yang terekam dalam arsip itu adalah fakta dan kebenaran. Oleh karena itu, dia berharap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bisa gunakan sebaik-baiknya,” sambungnya.

Lebih jauh, lanjut Riki, setidaknya ada dua jenis arsip Pemkab yang berada di bagian Humas. Arsip tersebut berupa foto dan video dokumentasi sejarah panjang perkembangan Kabupaten.

“Mungkin melalui Dinas ini nantinya, arsip yang tersimpan oleh Humas dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Lebtong mengenai sejarah panjang Pemkab Lebong yang tersus berkembang. Hanya saja, ada beberapa arsip yang tidak dapat menjadi konsumsi publik,” demikian Riki.