Logo

Tak Hanya Listrik, Jaringan Internet Juga Penyebab UNBK Ulang

Endang Sumistri

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Tidak hanya terkendala oleh pemadaman Listrik, Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kota Bengkulu juga menemui kendala lain. Seperti masalah error nya jaringan internet yang tersambung pada setiap komputer peserta ujian. Akibatnya pun cukup fatal, yakni para siswa yang hendak mengikuti ujian tidak dapat melakukan akses pada soal yang akan diajukan.

Hal ini dialami oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 yang terletak jalan kapuas Kelurahan Padang Harapan Kecamatan Gading Cempaka.

Sebanyak 31 siswa harus mengikuti Ujian ulang dikarenakan pada ujian sebelumnya soal hanya muncul sebanyak 6 soal.

“Disebut ujian ulang karena pada ujian sebelumnya soal tidak keluar,” kata Panitia UNBK Endang Sumistri, Rabu (19/4/2017).

Dari 31 siswa, pelaksanaan ujian ulang dibagi menjadi 2 sesi dengan materi soal tentang Teori Produk yang sebelumny batal dilaksanakan. Panita menduga, kendala yang dihadapi oleh peserta ujian disebabkan oleh erorny koneksi internet.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik, panita telah menyiapkan genset yang dapat segera digunakan.

“Alhamdulillah hari ini lancar, kita juga telah menyiapkan genset kalau nanti mati lampu,” tutup Endang.

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Bengkulu memang tergolong baru dengan permasalahan utama minimnya fasilitas. Untuk itu, dinas pendidikan menerapkan adanya ujian ulang bagi sekolah yang mengalami kendala pada saat hari ujian dilaksanakan.