Logo

Stok Beras Bulog Cukup Hingga September

REJANG LEBONG – Perum Bulog Sub Divisi Regional Rejang Lebong, menyebutkan jumlah stok beras sebanyak 3.500 ton untuk Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong diperkirakan mencukupi hingga September mendatang.

Kepala Subdivre Bulog Rejang Lebong, Rudi Adlyn Damanik,mengatakan stok beras yang mereka miliki saat ini sebanyak 1.500 ton terdiri dari stok yang ada di gudang Subdivre Bulog Rejang Lebong sebanyak 1.000 ton dan gudang Bulog di Kepahiang 500 ton, sedangkan yang masih dalam perjalanan sebanyak 2.000 ton.

“Sebanyak 2.000 ton saat ini dalam perjalanan, posisinya antara wilayah Provinsi Bengkulu dan Sumsel,” kata Rudi, Sabtu (5/2018).

Stok beras yang ada di Perum Bulog Subdivre Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten, jika nantinya masih dianggap kurang maka pihaknya akan segera mengajukan penambahan ke pemerintah pusat.

Dijelaskan Rudi, selain stok beras untuk kebutuhan pemerintah seperti bantuan bencana alam maupun untuk operasi pasar dengan kualitas medium.

Selain itu Perum Bulog Subdivre Rejang Lebong juga membeli beras dari petani dengan kualitas medium yang dalam kesehariannya diperjualbelikan kepada masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau.

“Kalau beras yang dibeli dari masyarakat ini kami jual kepada masyarakat seharga Rp16.000 per cupak atau seberat 1,6 kg seharga Rp16.000 atau perkilogramnya pedagang Rp10.000. Beras ini kalau dijual pedagang umum seharga Rp17.000 per cupak atau Rp10.625 per kg,” ujarnya.

Beras jenis premium yang mereka jual itu selain dijual ke pasaran untuk memenuhi kebutuhan pedagang juga mulai dipasok ke sejumlah BUMDes di Kabupaten Kepahiang  serta sejumlah Rumah Pangan Kita (RPK).