Logo

SMKN Ini Jalin Kerjasama dengan Perusahaan di Negeri Jiran


REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id – SMK Negeri 3 Kabupaten Rejang Lebong, menjalin kerjasama dengan Malaysia. Jalinan kerjasama tersebut diperuntukkan siswa SMK, yang telah lulus bisa langsung bekerja di negeri jiran serta perusahaan industri, di Bekasi, Jawa Barat.

Jebolan siswa/i ini berbeda dengan pelajar SMK, di kabupaten yang memiliki motto ‘Pat Sepakat Lemo Seperno
Semboyan’. Pasalnya, sekolah ini menerapkan sistem sekolah taruna.

Hal tersebut ditandi dengan pelajar dilatih dan dididik prajurit TNI dari Kodim 0409 Rejang Lebong, yang mana pelajar tersebut diajarkan kedispilin, kebersamaan serta fisik.

Kepala SMK Negeri 3 Rejang Lebong, Asep Suparman menjelaskan, sekolah yang ia pimpin sudah bekerjasama, dengan berbagai pihak perusahaan swasta, guna penempatan kerja untuk jebolan pelajar dari SMKN 3.

”Syaratnya adalah harus ikut taruna.  Alasannya, taruna displin. Sehingga saat menjadi tenaga kerja di Malaysia, bisa sambil kuliah,” kata Asep, Selasa (25/7/2017).

Sebelum diberangkatkan ke Malaysia, terang Asep, setiap tahun pelajar akan di seleksi secara ketat. Setelah dinyatakan lulus, terang dia, jebolan SMK tersebut tentunya di kontrak oleh perusahaan selama dua tahun.

”Kedepan anak-anak bisa memilih SMK. Sebab, anak SMK itu 70 persen untuk kedunia usaha dan 30 persen ke perguruan tinggi,” demikian Asep.(yudi/prw)