Logo

Smart Key System dan Cara Merawatnya Agar Tetap Awet

BENGKULU – PT. Astra Honda Motor kini telah memberikan fitur canggih kepada setiap produk keluarannya, yakni pemakaian Smart Key System yang mempermudah anda saat hendak berkendara. Fitur Smart Key System, pertamakali disematkan pada Honda PCX dan terus diberlakukan hingga kini teruntuk produk keluaran terbaru.

Kepala Bagian Spare Part Astra Motor Bengkulu, Anton Pangalila menjelaskan Fitur Smart Key System ini membantu para customer untuk mengoperasikan sepeda motor tanpa anak kunci.

Fitur ini dilengkapi oleh teknologi canggih yakni Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Answer Back System merupakan fitur untuk membantu pemilik kendaraan dalam menemukan letak motor, serta memberitahukan bahwa immobilizer pada sistem Honda Smart Key telah aktif.

Lalu fitur Anti Theft Alarm atau sistem alarm anti-maling, berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian. Jika sistem sudah diaktifkan, maka sensor akan mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor. Buzzer akan otomatis berbunyi dan lampu sein akan berkedip, jika gerakan terdeteksi.

Agar Smart Key System dapat berjalan dengan baik, maka anda juga harus memperhatikan perawatannya. Berikut tips merawat Smart Key System :

1.Hindari Tekanan Berlebih

Bagi anda pengguna remote smart key, dalam menekan tombol remote sebaiknya jangan menekan terlalu berlebih. Karena akan menimbulkan kerusakan pada remote, serta hindari jatuhnya kunci dari ketinggian.

2 Jangan Biarkan Remote Basah

Anda dapat memperhatikan juga remote smart key, agar tidak terkena air. Air yang masuk pada sela-sela remote akan menimbulkan kerusakan pada Honda Smart Key System, akibat hubungan pendek arus listrik. Jika remote smart key anda terkena air atau basah, segera keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan dan hindari dari paparan sinar matahari terlalu lama karena akan merusak komponen terkait.

3. Hindari Menaruh Remote Dalam Bagasi Motor

Menaruh remote pada bagasi motor maupun tempat yang dekat, dapat membuat motor dioperasikan oleh orang lain. Pastikan remote smart key anda tetap dekat, masukkan di dalam tas maupun saku untuk mengurangi potensi remote hilang.

4. Hindari Radiasi Elektromagnet

Anda dapat jauhkan remote smart key dari benda-benda yang memiliki gelombang radio, seperti komputer, handphone, televisi dan laptop. Karena dapat berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi Smart Key System.

5. Posisikan Remote Off Saat Tidak Digunakan

Pastikan posisi sepeda motor dikunci setang dan remote dalam keadaan off. Agar sinyal yang terhubung pada smart key dan motor terputus. Indikator Honda Smart Key System terlihat OFF ketika lampu berwarna merah pada remote dan akan menyala saat ditekan.

Anda dapat meletakkan remote smart key cadangan di rumah, agar tetap aman bila remote smart key anda hilang. Pastikan Remote Smart Key anda aman dan terjaga.