Logo

Perbedaan Toyota Rumion dan Suzuki Ertiga, Siapa yang Lebih Unggul?

Belum lama ini Toyota meluncurkan Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya bernama All New Toyota Rumion. Mobil ini merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Maruti Suzuki yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga.

Meski memiliki basis yang sama, namun terdapat sejumlah perbedaan antara Rumion dan Ertiga. Lalu apa saja perbedaannya?

Secara tampilan, Toyota Rumion memiliki dimensi yang sama seperti Suzuki Ertiga. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan desain, seperti pada fascia, grill dan bumper Toyota Rumion berbeda dari saudara kembarnya.

Toyota Rumion menggunakan gril yang mirip dengan Toyota Innova dengan desain bumper depan finishing chrome yang terlihat lebih atraktif. Desain pelek Rumion juga terlihat berbeda dari Ertiga, di mana MPV Toyota itu mengusung bentuk kipas.

Sementara, Suzuki Ertiga mengusung gril dengan aksen chrome. Rumah foglamp dibuat lebih sederhana dengan desain bumper yang lebih minimalis dibandingkan Rumion.

Di bagian interior, tampilan dasbor Rumion tak berbeda jauh dengan Ertiga. Namun, nuansa warnanya sedikit berbeda. Kabin Rumion didominasi dengan warna beige dengan sedikit aksen wood panel di bagian dasbor.

Dalam fiturnya, Ertiga hanya mendapatkan sistem speaker yang disetel oleh Arkamys dan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel pada trim tertinggi atau ZXi+ (spesifikasi India), sementara Rumion mendapatkannya pada dua trim teratas yakni G dan V.

Rumion dan Ertiga mendapatkan empat kantung udara, ESC, hill-hold assist, dan pengingat sabuk pengaman untuk semua kursi.

Keduanya sudah dibekali head unit touchscreen 8 inci yang sudah terintegrasi dengan bluetooth, Android Auto dan Apple CarPlay. Sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan.

Rumion dan ertiga sama-sama memiliki efisiensi bahan bakar yang irit. Konsumsi bahan bakar Rumion dan Ertiga diklaim tembus 20,51 Km per liter (kpl) dengan transmisi manual.

Sementara, untuk transmisi otomatis bahan bakar Rumion diklaim sebesar 20,11 Kpl, sedangkan Ertiga otomatis menghasilkan 20,30 Kpl.

Rumion dan Ertiga juga memiliki pilihan mesin dan gearbox yang sama. Keduanya dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc, empat silinder yang menghasilkan 103 hp dan torsi 137 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 6-percepatan.