Logo

Sekolah Keberbakatan Bukan Urusan Dikmen

SMA Negeri Keberbakatan yang bukan menjadi urusan Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu

SMA Negeri Keberbakatan yang bukan menjadi urusan Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu

bengkulunews.co.id – Pendidikan tingkat menengah atas biasanya ditangani oleh Dinas Pendidikan melalui Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen). Tapi tidak untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Keberbakatan Olahraga (SKO) yang baru diresmikan tahun 2016 ini.

Seperti yang disampaikan salah seorang staf Kepala Diknas Provinsi yang tidak ingin disebutkan namanya, untuk konfirmasi SKO langsung saja ke Pendidikan khusus- Pelayanan Khusus (PK-PLK).

Karena yang paham tentang SKO dari nol merupakan PK-PLK. Ia juga menyampaikan, Dikmen tidak pernah dilibatkan terkait SKO.

“Kalau mau konfirmasi masalah SKO ke Dikmen, saya rasa mereka juga sama dengan saya yakni tidak paham masalah SKO. Bahkan penerimaan siswa yang sekarang pihak Dikmen juga tidak terlibat. Jadi kalau mau jelasnya langsung ke PK-PLK,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi, SKO adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang sudah memiliki 70 orang siswa dan terbagi menjadi 3 kelas. Sistem belajarnya sama dengan SMA pada umumnya, ada jurusan IPA dan IPS.

Jam belajarnya juga sama. Diunggulkan, siswa dapat melatih bakat yang dimiliki setiap sore hari, yang dilatih oleh Dispora sesuai cabang olahraga yang dikuasai masing-masing. Siswa disediakan asrama dan makanan yang bergizi untuk menunjang keberbakatan. (cw1)