Logo

Ribuan Peserta Ikuti Tes Psikologi Bintara Polri

BENGKULU – Sebanyak 1029 peserta seleksi Bintara Polri panitia daerah (Panda) Bengkulu mengikuti tahapan tes psikologi. Pelaksanaan tes akan diselenggarakan selama empat hari kedepan mulai hari ini 12 Mei hingga 15 Mei mendatang dengan dua gelombang setiap harinya.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, S.Sos, MH mengatakan Tes dilakukan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT), yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi.

“Prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (Betah) dalam proses penerimaan Polri terlihat saat pelaksanaan tes psikologi Bintara Polri. Jadi setelah selesai mengerjakan tes, nilai akan langsung keluar saat itu juga,” ucapnya, Kamis (12/05/2022).

Pelaksanaan tes digelar di Laboratorium Komputer tiga Sekolah menengah atas di kota Bengkulu yakni SMA N 2, SMA N 5, dan SMK N 2 dengan tetap mematuh prosedur protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Dijelaskan Kabid Humas, Sistem CAT dalam sistem penerimaan Polri sudah diterapkan sejak tahun 2019 lalu. Sistem dengan menggunakan sistem kerja komputer ini diharapkan dapat mencegah perbuatan curang yang mungkin timbul sehingga transparansi akan selalu terjaga.