Ratusan Hewan Penular Rabies Disuntik Vaksin

BENGKULU – Tim Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu melakukan vaksinasi pada ratusan hewan penular rabies (HPR) di kantor Camat Muara Bangkahulu, Selasa (18/10) pagi.

Ratusan hewan tersebut terdiri dari kucing, anjing serta monyet. Vaksinasi digelar untuk mengantisipasi sebaran virus rabies dari hewan peliharaan.

“Jadi setelah kita mengadakan Vaksin Rabies pada hari Rabies Sedunia, kini kita laksanakan di kecamatan-kecamatan. Kini di Kecamatan Muara Bangkahulu. Ini sebagai antisipasi penyebaran virus rabies pada hewan peliharaan,” kata Hauliantua Pohan, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Bengkulu.

Tak hanya pemberian vaksin, ratusan hewan tersebut juga turut diberikan vitamin khusus hewan untuk menghindari penyakit.

Para pencinta hewan peliharaan tersebut mengaku senang dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies gratis ini. Seperti yang diungkapkan Hendi, salah seorang pecinta kucing. Ia mendukung penuh pihak Dinas Dispangtan untuk mencegah penularan rabies pada hewan peliharaan.

“Kita senang adanya kegiatan ini. Apalagi kita yang punya hewan inikan sering juga diaminin sama anak-anak kalau kucing. Kita nggak tahu kalau misalnya dia mencakar, jadi rabies. Jadi dengan mencegahnya kita ikuti vaksin rabies ini,” kata Adit.

Sementara itu, dalam kegiatan vaksinasi rabies gratis ini, pihaknya Dispangtan Kota Bengkulu menyediakan sebanyak 200 vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat di Kota Bengkulu khususnya bagi yang memelihara hewan penular rabies untuk rutin menyuntikan vaksin rabies terhadap hewannya, tidak hanya satu kali ini saja.

Baca Juga
Tinggalkan komen