Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dispangtan Kota Bengkulu Siapkan Seribu Dosis Vaksin Rabies

Ilustrasi. Dok, BN

BENGKULU – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu saat ini menyediakan sebanyak 1.000 dosis vaksin untuk hewan penular rabies, seperti anjing, kucing, dan kera.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan, Senin (29/05/2023).

Dia menyebut, kebutuhan dosis vaksin rabies khusus hewan tersebut sebenarnya lebih dari 1.000, namun hingga kini, mereka masih menunggu dosis vaksin rabies dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Jadi untuk tahun 2023 ini, Pemerintah Kota Bengkulu tetap melakukan vaksinasi rabies tehadap hewan penular rabies yang ada, seperti anjing, kera, dan kucing,” ujar Hauliantua Pohan.

“Untuk saat ini kita baru ada alokasi vaksin dari pemerintah kota melalui APBD Kota yaitu sebanyak 1.000 dosis, sedangkan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi belum tahu alokasinya berapa. Kita sudah mengajukan. Yang kita ajukan sebanyak-banyaknya, karena kita belum tahu angka disana,” katanya.

Sementara itu, untuk dosis vaksin yang ada kini, lanjut Pohan akan dilakukan penyuntikan pada awal bulan September mendatang hingga bulan Desember secara terjadwal.

Namun, jika ada warga yang jadwal vaksin hewannya sebelum bulan September, diperbolehkan datang ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu untuk mendapatkan suntik dosis vaksin rabies secara gratis.

“Kalau ada warga yang memang jadwal vaksinnya sudah selesai dan perlu dilanjutkan lagi, boleh langsung datang ke Dinas kita ini bawa hewannya langsung. Selagi ada vaksinnya kita layani langsung, tidak perlu nunggu jadwal,” tandasnya

Baca Juga
Tinggalkan komen