Logo
Dempo Xler

Puluhan Wartawan Ikuti UKW

Pembukaan UKW ke V. Foto Ist

Pembukaan UKW ke V. Foto Ist

Pembukaan UKW ke V. Foto Ist

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Plt Gubernur Rohidin Mersyah mengapresiasi, kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan ke V, yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Jumat (22/12/2017).

Rohidin berharap, melalui UKW melahirkan wartawan yang profesional dalam menyajikan informasi kepada publik, serta setiap media harus benar-benar independen serta tidak berpihak pada suatu kepentingan tertentu.

”Tidak semua orang memiliki kemampuan menjadi seorang wartawan terutama dalam hal pengambilan informasi. Tapi, harus dibungkus dengan kode etik, sehingga berjalan dengan baik,” kata Rohidin.

Ditambahkan, Ketua PWI Bengkulu, Zacky Antoni, peserta UKW pada hari ini lebih banyak dari pada sebelum-sebelumnya.

”Ada 98 peserta yang ikut Uji Kompetensi Wartawan kali ini. Nantinya akan diuji 14 penguji selama dua hari dari tanggal 22 sampai 23 Desember,” sampai Zacky.

Dilanjutkan, Kepala Bidang Pendidikan PWI Pusat, Marah Sakti Siregar mengatakan, UKW sebagai alat ukur wartawan professional, wajib memiliki skil dan menghormati kode etik wartawan.

Dimana jumlah wartawan se-Indonesia saat ini yang sudah memiliki sertifikat UKW sebanyak 8.000 orang.

”Hal ini untuk menempatkan wartawan di tengah masyarakat secara professional, sehingga jelas dan bukan abal-abal atau amatir,” tutup Sakti.