Logo

Puluhan Sapi Mati Mendadak, Diduga Terkena Penyakit Jembrana

MUKOMUKO – Sebanyak 73 ekor hewan ternak sapi milik warga di Mukomuko yang dilepas liarkan mati mendadak, diduga kuat terkena penyakit Jembrana. Hal ini dikatakan oleh Plt Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyo melalui Kepala Bidang (Kabid) peternakan dan Kesehatan Hewan Ternak Warsiman, Selasa (12/03).

Dikatakan olehnya, sapi milik warga yang dilepas liarkan tersebut diserang penyakit Jembrana dikarenakan tidak melakukan suntik vaksin anti Jembrana. Hal inilah yang membuat sapi-sapi tersebut tiba-tiba mati mendadak.

“Mungkin tidak dilakukan suntik vaksin anti Jembrana inilah penyebabnya sapi milik warga mati mendadak,” katanya.

Untuk itu, kepada seluruh elemen masyarakat yang memelihara ternak sapi, agar mengkondisikan hewan ternaknya supaya tidak diserang penyakit yang mematikan tersebut dan kebersihan kandang itu yang paling di utamakan agar semua penyakit tidak mudah menyerang. Jika kebiasaan buruk ini masih tetap terus terulang, maka penyakitlah yang akan diperoleh.

“Mudah-mudahan ini merupakan suatu cambuk bagi pemilik sapi, untuk lebih menjaga lagi hewan-hewan ternaknya agar tidak diserang penyakit yang mematikan itu,” pintanya.