Logo

Plt Bupati Benteng: SKPD Hati-Hati dalam Mengelola Keuangan

Plt Bupati Benteng, Edyarsah mengukuhkan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Selasa (24/1)

bengkulunews.co.id  – Plt Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah, Edyarsah, meminta agar seluruh pejabat pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran Kabupaten Benteng lebih berhati-hati, terutama dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari pemerintah. Ini penting dilakukan demi terciptanya pemerintahan yang bersih.

Maka itu, Plt Bupati memberikan ruang dan kesempatan kepada para pejabat untuk berkonsultasi kepada aparat penegak hukum agar tidak terjadi pungli.

“Jika ada keraguan untuk mengambil keputusan atau kebijakan, silahkan untuk berkonsultasi. Bisa ke Polres atau pun ke Kejari. Jangan sampai, keraguan membuat kita salah dalam mengambil keputusan. Ini penting dilakukan demi terciptanya clear government dan clean government (pemerintahan yang bersih),” ungkap Edyarsah.

Mendukung pelaksanaan kegiatan yang bersih dan transparan, Pemkab Benteng resmi membentuk Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Ia menegaskan, mengantisipasi munculnya pungli di Kabupaten Benteng, pihaknya meminta agar seluruh pejabat menyadari bahwa tugas pokok dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni melayani masyarakat.

“Seluruh elemen masyarakat harus bisa pro aktif melakukan pengawasan terhadap kinerja seluruh pegawai,” jelasnya.

Menurutnya, pungli indikasi terciptanya pelayanan yang buruk. Sebab itulah, ia tekankan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Jika pelayanan bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit. Jika bisa dipercepat, kenapa harus diperlambat dan jika bisa dipermurah, kenapa harus dipermahal. Saya mengingatkan kepada PNS untuk tak melakukan pungli,” tegas Edyarsah.

Diharapkannya, sinergisitas yang baik akan mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai harapan. (121)