Logo

PLN Akan Mendata Kelayakan Penerima Subsidi Listrik

Sosialisasi PLN bersama Pemerintah kota Bengkulu penerapan subsidi listrik tepat sasaran

bengkulunews.co.id – Berdasarkan peraturan menteri ESDM no 028 dan 029 tahun 2016, tentang penerapan subsidi listrik tepat sasaran, penerima subsidi listrik di areal kota bengkulu akan di evaluasi.

Warga yang menerima subsidi akan di data berdasarkan data acuan dari basis data terpadu (BDT) yang dikelola oleh Tim Nasional Penangulangan Percepatan Kemiskinan (TNP2K).

Bagi masyarakat yang namanya masuk kedalam basis data terpadu yang tergolong dalam masyarakat tidak mampu akan dimasukkan kedalam program subsidi listrik.

Upaya pendataan ini dilakukan agar kedepannya subsidi listrik yang selama ini dinikmati warga benar-benar dinikmati oleh warga yang kurang mampu.

Hal ini diketahui dalam sosialisasi yang diadakan PLN bersama Pemerintah kota Bengkulu di gedung sekretariat daerah kota Bengkulu, Rabu (25/1/2017).

“Pada prinsipnya subsidi listrik tepat sasaran atau yang kita sebut SLTS ini harus mengacu pada basis data terpadu. Mekanismenya adalah penerima subsidi memang benar-benar tergolong masyarakat tidak mampu yang masuk kedalam acuan basis data terpadu,” ucap asmen pelayanan dan administrasi PLN area Bengkulu, Iwan Aristiadi.

Iwan menambahkan, selama ini subsidi listrik dapat dinikmati oleh semua kalangan, namun kedepannya subsidi listrik hanya akan dikenakan pada warga yang masuk ke dalam pendataan basis data terpadu yang telah dimutakhirkan kembali pada tahun 2016 lalu. (Alwin)