Logo

Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 di Bengkulu, Terhitung Aman

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu lakukan rapat pleno rekapitulasi terbuka hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Provinsi Bengkulu dalam Pemilu Tahun 2024.

Bertempat di Hotel Mercure, pleno rekapitulasi dipimpin langsung oleh Ketua KPU Rusman Sudarsono dan dihadiri KPU Kabupaten, Kota dan Bawaslu Provinsi Bengkulu serta Bawaslu Kabupaten, Kota. Turut hadir pula unsur Forkopinda.

Rusman Sudarsono mengatakan, hari pertama pleno diawali dengan pembacaan tata tertib serta mekanisme proses rekapitulasi. Tambahnya, dilanjutkan dengan pembacaan hasil rekapitulasi Kabupaten/Kota.

“Sesuai kesepakatan bersama penyampaiaan hasil rekapitulasi Kabupaten/Kota diawali dari kabupaten Rejang Lebong, Kaur, Kepahyang, dan seterusnya,” terang Rusman pada bengkulunews.co.id, Rabu (06/03/2024)

Rusman menerangkan, hari ini dokumen yang akan dibuka adalah rekapitulasi kabupaten, kota. Tambahnya, hingga hari ini belum ada perselisihan.

“Kalau memang masih terjadi perselisihan nanti akan koreksi bersama disini karena ada saksi dari para peserta Pemilu, Bawaslu dan KPU,” ujar Rusman

Proses pleno rekapitulasi tingkat Provinsi juga di jaga ketat oleh aparat Kepolisian. Polda Bengkulu sendiri menurunkan satu kompi Brimob serta anggota Polresta Bengkulu. Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Agus Salim mengatakan, telah menurunkan anggotanya dan berjaga dari satu hari sebelum pleno rekapitulasi dimulai.

“Kita stanbay disini untuk mengamankan jalanya proses rekapitulasi, ruangan ini juga sudah kita sterilkan dari malam tadi,” ucap Agus Salim.