Logo

Pernah Coba Kuliner Hasil Olah Limbah Tulang Tenggiri? Di Sini Tempatnya

BENGKULU – CV.Jaya Rasa Bengkulu merupakan Pusat Produksi berbagai macam Makanan Khas Bengkulu. Salah satu produk yang wajib kalian coba yaitu kerupuk Tuiri.

Krupuk Tuiri merupakan singkatan dari Krupuk Tulang Ikan Tenggiri. Terbuat dari bahan yang unik yaitu olahan dari tulang ikan tenggiri dan mempunyai banyak manfaat yaitu tinggi calcium.

Manager CV.Jasa Rasa Bengkulu, Satriea Eka menuturkan awal terciptanya ide pengelolaan tulang ikan tenggiri ini dari keikutsertaan Satriea Eka bersama teman-teman dalam kompetisi Business Plan se Sumatera yang diadakan oleh Universitas Andalas, Padang pada 2018.

“Seperti yang kita ketahui Bengkulu merupakan daerah pesisir yang banyak menghasilkan olehan laut, nah tenggiri ini banyak sekali dikonsumsi dan bagian yang diambil hanya daging, kulit dan kepalanya saja, sedangkan tulangnya terbuang percuma,” katanya kepada Bengkulunews.co.id, Senin (20/11/2023).

Dari eksperimen yang dilakukan ini, akhirnya dibuatlah kerupuk dari limbah tulang tenggiri dengan cara digiling lalu dicampur adonan lainnya.

“Bahan baku yang datang kita bersihkan sampai menjadi bahan yang siap diproduksi, kemudian kita adon dengan bumbu, dikukus, dipotong dan dijemur,” ungkapnya.

Satriea juga menuturkan, ia tidak takut kehabisan stock bahan baku tulang ikan tenggiri, karena selain dari Bengkulu juga ada kiriman dari Lampung Maupun dari Padang.

“Saat ini bahan baku sudah koita atasi dengan cara di stock, dan kita simpan di tempat yang cukup baik,” sampainya.

Dengan sistem reseller hingga seluruh Indonesia dan memanfaatkan media sosial serta E-Commerce, kerupuk Tuiri terjual setiap bulannya sekitar 8.000-12.000 bungkus dengan harga mulai Rp12.500 per bungkus.

Ada 5 varian rasa Tuiri, mulai original, spicy BBQ, balado jeruk, jagung bakar pedas manis dan cheese corn.

“Biasnya yang paling Best seller Spicy BBQ dan balado jeruk,” ujarnya.

Tak sekedar produk limbah didalam tulang ikan tenggiri terdapat banyak gizi dan kegunaan untuk tubuh, seperti vitamin D, zat besi, kalsium dan sebagainya.