Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Kue Bay Tat Khas Bengkulu, Produksi Rumahan di Ende Lempuing

BENGKULU –Toko Ende merupakan salah satu tempat yang menjual aneka ragam makanan khas di Kota Bengkulu, salah satunya kue tat atau bay tat, berada di kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung.

Bay tat merupakan kue mirip pai yang berisi selai nanas padat. Tak jarang biasanya, kue khas Bengkulu ini juga diberi taburan keju. Saat ini bay tat menjadi ikon kuliner Bengkulu yang dapat dinikmati semua lapisan masyarakat.

Salah seorang pembuat, Gadis menuturkanΒ  pembuatan bay tat cukup mudah, yakni menggunakan bahan baku campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega. dan santan kelapa.

“Untuk menjadi sebuah adonan, kemudian dipanggang sampai mengeluarkan aroma santan yang khas, kemudian baru dioles dengan selai nanas maupun taburan keju sesuai permintaan,” katanya kepada BengkuluNews.co.id, Senin (20/11/2023).

Gadis menuturkan, dalam sehari toko Ende bisa menghasilkan sebanyak 60 loyang kue tat, dan di Produksi bukan hanya di Bengkulu saja tetapi sampai ke luar Bengkulu.

“Kita menurut permintaan, stock kita tidak banyak karena kue tat ini bertahan selama 10 hari,”sampainya.

Harga kue bay tat di toko Ende berkisar Rp. 25 ribu untuk rasa nanas, dan Rp. 30.000 jika ditambah keju.

Tidak hanya kue tat, toko Ende juga menjual berbagai makan khas bengkulu seperti Lempuk durian, Perut Punai, stick bawang, selain itu ada juga sirup jeruk kalamansi dan lain sebagainya.

Kue-kue dan sirup di toko Ende merupakan kue produksi rumahan milik Nelawati Dalimo.

Baca Juga
Tinggalkan komen