Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Perjuangan Aziez Yuda Meraih Juara Fisika OSN Provinsi Bengkulu 2023

Aziez Yuda

BENGKULU – Satu prestasi membanggakan berhasil diukir oleh siswa dari SMAN 1 Muko-muko, Aziez Yuda. Ia berhasil meraih juara satu Fisika pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) TINGKAT SMA/MA Provinsi Bengkulu 2023.

Dalam olimpiade tersebut, Aziez berhasil mengalahkan sainganya yang datang dari berbagai sekolah se Provinsi Bengkulu. Aziez menuturkan bahwa fisika adalah the next level matematika.

”Fisika nih menurutku the next levelnya matematika jadi aku tertarik nyoba eh jadi suka deh sampai sekarang,” ungkap Aziez.

Aziez Yuda
Aziez Yuda

Siswa kelas XII ini ia sudah mulai menekuni fisika sejak ia duduk di bangku kelas X SMA, ia mengungkapkan bahwa mengikuti olimpiade tingkat provinsi ini setelah sebelumnya pernah gagal ke tahap selanjutnya.

“Pas kelas X aku nyoba-nyoba fisika eh akhirnya jadi tertarik deh, pada saat itu aku mencoba untuk ikut olimpiade OSN tingkat kabupaten Alhamdulilah berhasil tapi aku gagal ke tahap provinsi hanya menang di tingkat kabupaten saja, tapi kegagalan tersebut tidak membuat aku putus asa, untuk tahun ini aku coba lagi dengan terus belajar dan akhirnya lolos perwakilan Provinsi Bengkulu,” katanya.

Siswa berbakat ini mengungkapkan Fisika menjadi sesuatu yang menarik baginya, karena mengerjakan soal Fisika menurutnya seperti teka-teki yang menimbulkan rasa keingin tahuannya. Namun diakui Aziez tidaklah mudah baginya bisa mengukir prestasi ini, banyak tantangan yang harus ia lalui.

Aziez Yuda
Aziez Yuda

“Ada beberapa tantangan dan kendala yang dilalui, ada beberapa materi yang cukup susah untuk dipahami, jarangnya bimbingan dengan ahlinya jadi Aziez lebih sering belajar sendiri dari youtube sama buku, waktu belajar untuk OSN yang berantakan karena kan tugas sekolah ini setiap hari hampir ada, dan pulang sekolah itu juga terkadang les jadinya waktu buat belajar OSN ini kalo ada waktu kosong gitu,” ungkapnya.

Di balik tantangan yang ia hadapi, ada support dan dorongan dari orang tuanya, membuat ia semakin semangat belajar dan latihan soal, mengingat ia pernah gagal dalam olimpiade sebelumnya, sehingga ia terus memaksimalkan dirirnya dalam mempersiapkan olimpiade tahun ini dan membuat bangga kedua orang tua serta sekolahnya.

“Dengan do’a dan dukungan dari orang tua membuat saya semakin semangat dalam mengukir prestasi ini, dan saya dapat membanggakan orang tua serta sekolah,” jelasnya.

Aziez Yuda
Aziez Yuda

Aziez mengungkapkan dirinya saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Fisika di Universitas Bengkulu (UNIB) pada bulan Oktober mendatang,  dan ia juga berharap kedepannya ia dapat terus meraih prestasi-prestasi lainnya yang lebih tinggi.

“Kedepannya Aziez pengen banget melanjutkan pendidikan di ITB dengan konsentrasi jurusan Teknik dan dapet kerjaan yang pas, walaupun ga semudah seperti yang diomongin tapi diusahain bisa dilakuin,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen