Logo
Dempo Xler

Pembangunan Jalan Sukaraja-Padang Capo Diminta Dialihkan

Irihadi, M.Si

Irihadi, M.Si

Irihadi, M.Si

SELUMA, bengkulunews.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, Irihadi, menyatakan akan meminta Pemprop. Bengkulu mengalihkan bantuan pembangunan jalan Sukaraja-Padang Capo (batas Sumsel) senilai Rp.20 miliar.

“Bila tidak menyalahi aturan bantuan dirubah menjadi Padang Capo hingga Sukaraja. Itupun sebatas pengerasan dulu ditambah pembangunan siring disisi jalan, karena kalau langsung hotmix hanya dapat beberapa kilo saja,” kata Irihadi, Selasa (11/4/2017).

Apalagi saat ini kalau dari Sukaraja sudah cukup layak dilewati kendaraan, justru yang parah di Padang Capo, kondisi jalan masih tanah merah.

Pemprov. Bengkulu diharapkan melihat azas manfaat keberadaan bantuan tersebut. Karena untuk saat ini warga sekitar belum membutuhkan jalan hotmix, tetapi kelancaran akses dahulu untuk membawa hasil pertanian.

Selama ini para petani mengangkut hasil perkebunan dengan kendaraan yang rodanya sudah dibungkus rantai agar berjalan normal. Angkutan umum yang ada saat ini dengan menggunakan ojek yang harganya sekali jalan Rp.100 ribu.

Seperti diketahui bahwa tahun ini akan dibangun jalan Sukaraja-Padang Capo dengan menggunakan APBD dari Provinsi Bengkulu sebesar Rp20 miliar untuk 10 kilo jalan hotmix.

“Surat usulan perubahan bantuan akan dilayangkan ke Gubernur Bengkulu melalui Dinas Pekerjaan Umum. Serta akan meminta saran dari DPRD Kabupaten Seluma terkait rencana ini,” tutup Irihadi.