Logo

Pejabat Seluma Ogah Bayar Pajak

Markoni, S.Sos

SELUMA, bengkulunews.co.id – Kendaraan dinas milik sekretariat Pemerintah Kabupaten Seluma, baik roda dua dan empat tidak membayar pajak yang totalnya mencapai hingga 500 unit.

Menurut Kepala Unit Pelayanan Pajak Propinsi (UPPP) Seluma, Markoni, S.Sos, keengganan membayar pajak Mobnas tersebut sejak14 tahun lalu.

“Telah dilakukan penagihan, baik secara lisan ataupun surat. Tetapi hingga sekarang belum ada kesadaran dari pemakai kendaraan untuk membayar pajak,” kata Markoni, Jumat (11/8/2017).

Alasan lainnya yaitu dana untuk membayar pajak tersebut tidak tersediaan dan dianggarkan daerah.

Kondisi serupa juga terjadi pada seluruh alat berat yang dimiliki Dinas PUPR Kabupaten Seluma, padahal bila alat berat disewakan sehari saja sudah dapat menutupi pajak alat berat tersebut, karena pajak alat berat itu hanya sebesar 0,2 persen dari nilai jual.

Potensi pajak sendiri dari kendaraan di Kabupatrn Seluma tergolong tinggi, pada 2016 mencapai Rp. 7 miliar, melebihi target yang dibebankan Rp. 6 miliar.

Capaian Rp. 7 mikiar sendiri merupakan nilai yang disetor manual ke kasir UPPP Seluma, karena sebagian lagi melakukan pembayaran melalui online yang capaiannya sebesar Rp. 25 miliar.

Diperkirakan saat ini hanya 50 persen warga yang membayar pajak, sehingga sisanya masih enggan membayar. Sehingga pendapatan masih bisa digenjot lagi.

“Di Kabupaten Bengkulu Selatan, pemilik kendaaraan lebih taat bayar pajak, dibanding daerah ini,” tutup Markoni.