Logo
Dempo Xler

Pedagang Pasar Tais Diminta Pindah

Pedagang Pasar Tais Diminta Pindah

SELUMA, bengkulunews.co.id –  Wakil Bupati Seluma, Drs. Suprapto, M.Si menyatakan, akan tetap melakukan relokasi. Pedagang yang selama ini berada Pasar Tais untuk pindah berjualan ke Pasar Sembayat.

“Diimbau untuk pedagang dengan sukarela pindah berjualan,” kata Wabup diruang kerjanya, Senin (13/2/2017).

Upaya memancing pedagang agar mau direlokasi Pemkab. Seluma akan memperbaiki akses jalan, menambah dan memperbaiki tampilan los pasar hingga penambahan penerangan (lampu).

Bila ada  tuntutan ganti rugi akan diusulkan ke DPRD Kab. Seluma besaranya sesuai Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP).

Pandangan yang berkembang dikalangan pedagang Pemkab Seluma sudah kalah karena menunda relokasi, menurut Wabup Seluma penilaian itu tidak benar. Karena pada prinsipnya membangun pasar untuk kesejahteraan masyarakat bukan urusan menang-kalah

“Relokasi pasar adalah hal yang wajar, karena hampir semua daerah mengalami kejadian serupa. Apalagi isi pasar memang heterogen, tidak hanya ada penjual-pembeli saja tetapi ada juga preman dsb, yang mempunyai kepentingan berbeda” tutur Wabup.

Ditambahkan lagi, pemerintah daerah sepenuhnya mendapat dukungan Kepolisian dan TNI guna membantu relokasi.

Selain itu, Wabup mengimbau agar pedagang mau pindah dan masyarakatpun agar berbelanja ke Pasar Sembayat. Sehingga ada proses transaksi dan kondisi pasarpun menjadi hidup.