Logo

Pasca Longsor, Jalan Poros Lebong – Argamakmur Makin Parah

Warga Desak Pemkab Lebong Bertindak

bengkulunews.co.id – Makin parah, mungkin itu kata yang tepat guna menggambarkan kondisi Jalan Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara yang menghubungkan Kota Muara Aman dengan Komplek Perkantoran Pemkab Lebong. Setelah sempat longsor hebat beberapa bulan lalu. Lagi, Jalan Poros Lebong – Arga Makmur ini diterpa longsor hebat, akibat derasnya hujan beberapa hari terakhir.

Kondisi ini semakin diperparah aktivitas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lebong yang sedang melakukan kegiatan mengikis tebing untuk memperlebar badan jalan menuju komplek perkantoran. Akibatnya, di sepanjang jalan tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas lantaran jalan yang licin dan curam. Seperti diungkapkan Edi, Warga Desa Muara Aman yang menceritakan pengalamannya tergelincir, akibat Jalan Talang Ulu yang rusak beberapa waktu lalu.

“Saya, pernah mengalami kejadian naas tergelincir dari motor yang saya kendarai ketika akan pulang dari kantor di Taba Atas beberapa hari lalu. Kita sudah hati-hati dan sangat awas memilih jalan agar tidak terjatuh dari motor yang kita kendarai. Namun tetap saja kita naas dikarenakan jalan yang licin dan basah akibat longsor, belum lagi jalannya yang curam sehingga seringkali banyak pengendara yang terjatuh jika tidak berhati-hati,” ungkapnya.

Sementara itu, Warga Desa Talang Ulu Sumantri mendesak Pemkab Lebong untuk segera memperbaiki Jalan Poros Utama Kabupaten Lebong tersebut. Katanya, pemerintah harus punya solusi yang tepat untuk memperbaiki jalan, jangan jalan itu hanya dijadikan proyek semata. Menurutnya, jalan ini memang tidak layak untuk dijadikan jalan poros, mengingat kondisi tanah yang labil dan konstur tanah yang cenderung rapuh.

“Kami mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Lebong mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong untuk segera memperbaiki Jalan Poros Muara Aman – Arga Makmur yang menjadi jalan utama menuju Ibukota kabupaten Lebong ini,” tandas Sumantri. (118)