Logo
Dempo Xler

Pansus Jalan Batu Bara Gandeng Akademisi

Pansus Jalan Batu Bara Gandeng Akademisi

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id  – Upaya Pemkab Bengkulu Tengah bersama dengan tim Panitia Khusus (Pansus) dalam merealisasikan pembangunan jalan khusus batu bara (BB) terus diupayakan.

Dalam proses studi kelayakan, pansus akan menggandeng pihak akademisi Universitas Bengkulu (Unib).

Ketua Pansus, Evi Susanti mengatakan saat ini sedang berlangsung studi kelayakan.

“Ditargetkan dalam waktu dekat sudah selesai dan pihak kini juga lagi tahap Proses sedang berlangsung dan gandeng akademisi. Dalam waktu dekat diupayakan selesai,’’ ujarnya, Rabu (13/4/2017).

Evi menjelaskan, kurang lebih pembangunan jalan sepanjang 17 km, studi kelayakan dijalankan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana batas waktu dalam memberikan pengelolaan jalan tersebut.

“Batas waktu ini penting untuk memastikan pengelolaan jalan kembali ke negara dan menjadi jalan pemerintah, tidak lagi pengelolaannya oleh pihak swasta yang dalam hal ini para pengusaha batu bara,” katanya

Evi mengatakan, dalam realisasi nanti, pembangunan jalan khusus batu bara diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kerusakan di jalan kabupaten maupun provinsi.

Sesuai dengan arahan Gubernur Bengkulu, perusahaan berkewajiban dalam membantu memelihara kualitas jalan.

“Harus ada kompensiasi setiap jalan yang rusak, yakni bersama memelihara jalan dan memperbaiki jalan agar tetap terjaga,’’ tegasnya.